Perbedaan Windows Server 2016 Standard dengan Data Center, GUI dengan CORE

Pada tahap penginstalan Windows Server 2016, kita akan disuguhkan beberapa edisi, yaitu :
  • Windows Server 2016 Standar Core
  • Windows Server 2016 Standar Desktop Experience (GUI)
  • Windows Server 2016 Data Center Core
  • Windows Server 2016 Data Center Desktop Experience (GUI)


1. Windows Server 2016 Standar Core, Ternyata Standar Core ini lebih ringan, dikarenakan dia tidak meload GUI (Graphical User Interface), itu adalah sekumpulan gambar yang disatukan dengan tool, agar pengguna dapat lebih mudah mengoperasikan komputernya, Nah dia tidak memakai GUI, melainkan hanya berbasis CLI (Command-Line Interface). Hal ini yang membuat Standar Core ini lebih ringan, namun fitur tidak lengkap, bisa kita lihat dengan Performance dengan Task Manager ini.


2. Windows Server 2016 Standar Desktop Experience (GUI), Nah edisi ini menggunakan GUI sebagai tampilannya, karena microsoft itu peka atau perhatian dengan penggunanya, maka Microsoft merilis versi GUI nya, ya tidak lain tujuannya adalah Untuk memudahkan penggunanya mengoperasikan Komputer, Fiturnya sama dengan Standar Core, Yang membedakan hanya Tampilannya saja, Nah ini Screenshot Performance nya.

3. Windows Server 2016 Datacenter Core, Edisi ini merupakan spesialnya, karena edisi ini mengusung fitur lengkap server, dan untuk teknologi virtualizationnya itu tidak terbatas, dikarenakan fiturnya lebih lengkap dibandingkan Standar, hal ini pun membuat edisi ini menjadi agak berat, Oh iya edisi ini cocoknya digunakan untuk Server di Perusahaan besar, dikarenakan Penyimpanan dan Keamanan sekaligus Fiturnya lebih baik dibandingkan Edisi Standar.

4. Windows Server 2016 Datacenter Desktop Experience (GUI), Sama saja dengan Datacenter Core, yang membedakan hanyalah tampilannya, Lagi lagi microsoft perhatian dengan penggunanya, oleh karena itu Microsoft merilis edisi ini, Dan edisi ini juga cocok untuk server Perusahaan dikarenakan fiturnya yang lebih dibandingkan edisi Standar.
  • Ini adalah Perbedaan fitur yang saya ketahui langsung dari Official Website Microsoft nya.
  • Terlihat bahwa Perbedaannya terletak di Teknologi Virtualization, dan Keamanan mesin virtualnya, jadi lebih aman kan.

Komentar

Posting Komentar