BAB 5 : Analisis Kebutuhan Telekomunikasi Dalam Jaringan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan beberapa penjelasan mengenai Analisis Kebutuhan Telekomunikasi Dalam Jaringan.

Definisi dari telekomunikasi adalah mendistribusikan informasi dari satu titik ke titik lain. Jika kita tambahkan kata "tele" didepan kata "komunikasi" maka pengertiannya menjadi komunikasi jarak jauh. Dalam hal ini, karena relatif. Semisal dua perangkat HP yang dihubungkan melalui bluetooth. walaupun jaraknya hanya sepersekian senti atau meter, itu sudah disebut telekomunikasi.

A. Analisis dan Peninjauan Lapangan

Telepon genggam adalah media telekomunikasi dua arah yang bisa menyampaikan dan merespon informasi pada saat bersamaan sebagai berikut :
  • Memudahkan jalannya bisnis. 
  • Media hiburan dan media sosialisasi (seperti facebook, twitter).
  • Tak jarang orang tidak hanya memiliki satu telepon genggam saja, melainkan dua atau bahkan tiga.
  • Pada 2011, 77% dari populasi dunia, atau 5,3 Milyar orang, adalah pelanggan telepon seluler.
  • Perkembangan ponsel di jaman ini telah memnerikan perubahan perilaku bagi para penggunanya, baik dari segi konsumerisme ataupun dari sisi psikologis.
  • Dalam penggunaan ponsel dewasa ini, kita pasti mendapatkan sisi positif dan sisi negatif.

Dampak Positif Telepon :
1. Hubungan Antar Manusia
Penggunaan ponsel meningkatkan konektivitas, baik jarak jauh maupun dekat, mengurangi jumlah waktu dimana kita tidak bisa berkomunikasi, maka mempermudah hubungan antar manusia.
2. Dunia Kerja dan Bisnis
Menggunakan ponsel dalam dunia bisnis sangat menguntungkan, karena kita bisa memasarkan produk kita dengan cara yang mudah dan bisa menjangkau sampai pasar internasional, dan juga memudahkan kita untuk mencari bahan baku yang kita butuhkan. Selain itu kita juga bisa mencari lowongan pekerjaan lewat jejaring sosial.
3. Dampak Demografis
Untuk warga lanjut usia dapat mengurangi rasa terisolasi dengan menggunakan ponsel dan tidak bergantung pada kunjungan dari orang lain untuk tetap berhubungan/berkomunikasi. Untuk anak-anak dan remaja memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemandirian mereka.
4. Jenis Komunikasi
Memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dalam berbagai cara, termasuk panggilan, pesan teks, im (instant messaging), email, dll.

Dampak Negatif Telepon :

1. Kepribadian AnakPerubahan tingkah laku (menjadi malas).
2. Kesehatan
Menjadikan susah tidur (terlalu sering menjadi kebiasaan).
3. Tingkat Kehidupan MasyarakatSemakin tidak peka terhadap lingkungan (memicu kejahatan&penipuan).
4. KemalasanProses interaksi secara langsung jarang dilakukan.

Perangkat Teknologi Komunikasi Pada Telepon
Telepon kabel adalah alat komunikasi yang membutuhkan kabel agar dapat berfungsi Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringer, dan Receiver.

(-) Mekanisme Dialing Mekanisme dialing memungkinkan penelpon memasukkan nomor tujuan yang ingin dia panggil, sebagian besar telepon dilengkapi dengan keypad yang berjumlah 12 tombol, yang terdiri dari tombol 0 sampai 9 kemudian tombol bintang (*), dan tanda pagar (#).
(-) Transmitter Transmitter atau pemancar sering juga disebut dengan mikrofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telpon.
(-) Ringer berfungsi untuk memberikan telpon sinyal yang masuk, adanya pada permulaan, ringer terbuat dari sebuah lonceng kecil, saat ini, peralatan elektronik digunakan untuk menggantikan loncek kecil, sebuah chip komputer ditempatkan untuk membuat sinyal bunyi (ringtone) atau bahkan sebuah lagu.
(-) Receiver atau penerima berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara. penerima ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. Sinyal listrik yang berasal dari suara pengirim akan diterjemahkan kembali menjadi suara oleh receiver.

Perangkat Teknologi Komunikasi Bergerak

> UMTS (3G) UMTS (universal Mobile Telecommunication Service) merupakan jawaban atas kebutuhan komunikasi suara dan data yang lebih cepat dibanding sebelummya. generasi Teknologi ini menawarkan kecepatan pengiriman data antara 114 - 384 Kbps untuk user yang bergerak dengan kecepatan 100 km, bahkan mampu mencapai kecepatan 2Mbps untuk user diam.
> GPRS (2,5G) General Packet Radio Services merupakan teknologi pengembangan dari GSM (2G) yang hanya menggunakan suara saja, yang komunikasi kemudian ditambahkan agar mampu dipakai dalam pengiriman data. Teknologi dibagi menjadi tiga kelas (A,B dan C) dan menawarkan kecepatan pengiriman data dari 64 - 114 Kbps.
> HSDPA (3,5G) High Speed Downlink Packet Access merupakan teknologi peralihan dari UMTS(3G) ke Wimax (4G) yang menawarkan kecepatan pengiriman data (downlink) hingga 7,2 - 14 Mbps. Teknologi akses yang digunakan adalah HS-DSCH (High Speed- Downlink Shared Channel) yang memungkinkan kecepatan transfer data penggunaan dan secara kapasitas bersamaan menjadi tinggi.
> Wimax (4G) Worldwide Interoperability for Microwave diperkenalkan access pada tahun mulai 2001, merupakan jaringan nirkabel pita lebar (broadband). Keunggulan utama dari wimax adalah kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi dan ditunjang oleh cakupan yang luas sehingga jumlah BTS pemancar dapat diminimalkan. Di Indonesia, layanan ini belum bisa dinikmati karena licensi frekuensi masih dalam proses pelelangan oleh Kementrian Kominfo.

B. Analisis Kebutuhan Sumber Daya Dalam Telekomunikasi
  • Wireline (Jaringan Kabel).
  • Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima. Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak dekat seperti dalam satu kantor atau gedung. Akan tetapi, tidap menutup kemungkinan wireline dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh, seperti pada pesawat telepon. 
  • Wireless (Jaringan Tanpa Kabel).
  • Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan "tanpa kabel", yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon seluler, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses internet. 
  • Kabel Coaxial. 
  • Twisted Pair. 
  • Serat Optik. 
  • Jaringan dengan modem. 
  • Jaringan dengan satelit. 
C. Analisis Kebutuhan Perangkat Dalam Telekomunikasi

Perangkat yang digunakan, antara lain :
a) Kabel Coaxial.
b) Twisted Pair.
c) Serat Optik.
d) Kabel UTP.
e) NIC.
f) Router.
g) Switch.
h) PC.
i) Modem.
j) Antena Pemancar.
k) Hub.
l) Access Point.

Nah mungkin itu saja dari saya, sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar