Mengkonfigurasikan Web Server (IIS)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Web Server, Apa sih Web Server?
Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
Web server merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi. Langsung saja kita bahas cara konfigurasinya.

Konfigurasi Web Server

1. Seperti biasa, di Server Manager kita tambahkan fitur di Manage -> Add Roles and Features.

2. Lalu pilih opsi Role based or feature based installation.

3. Pilih Select a server from the server pool.

4. Lalu tambahkan fitur Web Server (IIS), lalu Next.
  • Lalu klik Add Features.

5. Di menu Features tidak perlu ditambahkan jadi kita lewati saja.

6. Karena kita menggunakan Windows Server 2016 untuk waspada saja kita cek Basic Authentication apabila tidak terceklist maka ceklistlah Basic Authentication.

7. Setelah itu kita Install di menu Confirmation, dan tunggu beberapa saat. Apabila ingin merestart otomatis saat installasi selesai anda bisa menceklist kolom diatas.
  • Tunggu hingga selesai, apabila sudah kita klik Close.

8. Selanjutnya buka tab Tools kemudian klik Internet Information Services (IIS) Manager.

9. Setelah kita mengeklik IIS maka secara default akan tampil seperti gambar dibawah ini, lalu kita klik Authentication.

10. Ubah Basic Authentication menjadi Enabled, maka muncul peringatan SSL site tidak aktif, ini disebabkan karena Anonymous Authentication masih dalam enabled, maka ubahlah dari enabled ke Disabled.

11. Tambahkan satu user untuk mengakses web tersebut dengan mengeklik Server Manager lalu pilih Tools kemudian pilih Computer Management

12. Lalu pilih Users kemudian pilih salah satu user yang bisa mengakses web server tersebut lalu isikan password user untuk bisa login ke dalam web.

13. Buka web browser kemudian masukkan IP Address server, misal: 172.16.0.10 lalu masukkan user yang telah dibuat sebelumnya.

14. Tampilan IIS sudah bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Disini kita menggunakan IP Address. Lalu bagaimana cara mengunakan DNS?

15. Sebelumnya install fitur DNS, dan di menu forward tambahkan host baru dengan mengisi IP address yang server miliki.

16. Lakukan pengujian dengan ping DNS yang sebelumnya dibuat.

Mungkin itu saja untuk konfigurasi Web Server. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar